Home > bahasa > Kisah G-30-S PKI Terungkap! Pertautan Soeharto-Untung…(Download Laporan Khususnya)

Kisah G-30-S PKI Terungkap! Pertautan Soeharto-Untung…(Download Laporan Khususnya)

“Dalam bukunya, Soebandrio menceritakan, selama di penjara, Untung yakin dirinya tidak bakal dieksekusi. Untung mengaku G-30-S atas setahu Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Mayor Jenderal Soeharto.”

(Koran tempo, 5 Oktober 2009, hal. B2)

Sebuah laporan khusus diketengahkan Koran tempo untuk memperingati hari TNI, 5 Oktober 2009. Laporan yang dipilih tidak jauh-jauh dari dunia militer, dan bahkan merupakan perbincangan yang tidak habis-habisnya dibahas, yaitu mengenai Tragedi G-30-S PKI. Jika selama ini kita hanya mendapatkan satu saluran informasi bahwa pelaku G-30-S adalah semata-mata PKI tanpa memperhatikan pihak-pihak lain yang terlibat, maka kali ini tempo menyajikan sesuatu yang berbeda.

Selama ini, barangkali kita mengetahui Letnan Kolonel Untung yang menjadi tersangka utama kasus G-30-S PKI. Di samping tentu saja masih ada tokoh-tokoh lain yang sering disebut seperti Latief, Dn Aidit, ataupun Sjam Kamaruzzaman. Kita tentu juga mengenal pasukan Tjakrabirawa yang dibentuk khusus untuk melindungi presiden soekarno dari aksi-aksi pembunuhan, namun belakangan justru malah menjadi ancaman utama keselamatannya, dengan melakukan gerakan G-30-S  yang terkenal itu.

Namun, ternyata hubungan tokoh-tokoh itu tidak sesimple yang terlihat.  Pasukan Tjakrabirawa, ternyata sudah sejak awal dipersiapkan untuk melakukan kudeta. Entah apakah ini kebetulan atau direkayasa, namun di antara pasukan Tjakrabirawa yang melakukan kudeta itu memiliki hubungan special yang cukup unik. Pertama, beberapa berasal dari battalion Sudigdo, satu-satunya battalion  yang ikut PKI. Battalion ini awalnya mengalami pembersihan, namun karena clash antara Indonesia belanda tahun 1948, pembersihan terhenti.  Orang-orang ini, termasuk Untung, kemudian masuk ke Batalion 454 Kodam Diponegoro, yang dikenal sebagai Banteng Raiders.  Saat itu Panglima Kostrad-nya adalah Soeharto. Di sini, terjadi kontak lagi antara Untung dan Soeharto.

Sejarah buruk orang-orang dalam battalion ini tertutup, tatkala mereka sukses dalam operasi pembebasan irian barat, yang kemudian mengantarkan letkol untung memperoleh penghargaan Bintang dharma.  Atas prestasi ini pula, Untung kemudian menjadi anak kesayangan A. Yani dan Soeharto.  Dari kedekatan inilah, kemudian untung diduga dapat masuk ke dalam pasukan Tjakrabirawa.

“Adalah menarik mengapa Soeharto merekomendasikan battalion mana saja yang diambil menjadi tjakrabirawa,” Kata Suhardi. Sebab menurut Suhardi, siapapun yang bertugas di Jawa tengah mengetahui banyak anggota Raiders saat itu yang eks gerakan madiun 1948. “Pasti Soeharto tahu itu eks madiun 1948.” (Koran tempo, 5 Oktober 2009, hal. B3)

Kedua, ternyata di antara pasukan itu ada Madura Connection.

Nah, seperti apa lengkapnya? Silakan telusuri sendiri beritanya dengan mengunduh/mendownloadnya di Edisi Khusus G30SPKI.zip.

Categories: bahasa Tags:
  1. JOKO GEMBLUX
    June 28, 2014 at 4:40 am

    pelaku g30s adalah soeharto dan anak buah nya. tujuan nya supaya ada alasan melenyapkan pki. krn pki sbg kambing hitam. sbnr nya soeharto bukan anti pki, tp dia diimig imigi amerika, akan dijadikan presiden kalau mampu menghancurkan pki shg soeharto rela menghancurkan pki. demi tercapai kekuasaan nya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

mengambilmakna

Bertabur makna di sekitar kita, sangat banyak! Adakah yang tak ingin mengambilnya?

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

afifahthahirah87

Chicken Soup for My Soul

Musim Semi

berharap hangat itu sampai ke hatimu begitu juga cintaku

RanaWijayaSoe

I have My Own Ele-path

Sang Nusantara

Connecting People with Nature

Lewat kata, aku bicara

Tempat aku menyandarkan beberapa jenak kehidupan lewat kata

Menulis Itu Berbagi

Si Pandai itu besar sekalipun ia kecil, sedangkan si Bodoh itu kecil sekalipun ia besar

amathonthe

Sejauh Kaki Melangkah, Sebanyak Kata Terucap

J4uharry

Membayar cita-cita dengan jerih-payah yang pantas !!!

Lailatul Qadr Virtual Home

Blognya Seorang Istri, Seorang Ibu, Seorang (Mantan) Guru, yang sangat menyukai kegiatan luar ruangan, menulis, dan membaca...

(new) Mbot's HQ

Ocehan gak guna seorang pegawai kantoran biasa.

Gerakan Sadar Arsip

Viva Archiva!

wahyugendut39

tetap berharap yang terbaik...

Pumichi's Blog

All about live in the light

Notasi

[n] (1) seperangkat atau sistem lambang (tanda) yg menggambarkan bilangan (tt aljabar), nada (tt musik), dan ujaran (tt fonetik); (2) proses pelambangan bilangan, nada, atau ujaran dng tanda (huruf); (3) catatan pendek yg perlu diketahui atau untuk mengingatkan sesuatu

PKJ 4.0

Tilawah, Tazkiyah, Ta'lim

Freak Dreamer

Reading (is my) Life!

%d bloggers like this: