Home > bahasa > Belajar Bahasa Inggris Kapan Saja dan di Mana Saja

Belajar Bahasa Inggris Kapan Saja dan di Mana Saja

Belajar bahasa Inggris selama ini kita pandang sebagai sesuatu yang sulit dan menjemukan, bahkan menakutkan. Padahal saat ini begitu banyak metode belajar bahasa yang ditawarkan pada learner. Di antara yang paling fleksibel, yaitu dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja adalah dengan metode listening.

“Ah…! Apa iya??”

“Bagaimana caranya???”

Nah, teman-teman bisa memanfaatkan teknologi yang sudah sedemikian canggih. Carilah program listening yang disediakan dalam format MP3, sehingga bisa didengarkan kapan saja dan dimana saja. Misalnya saat kita sedang bersepeda, sambil masak, sambil tiduran, dll. Dengan mendengarkan kita akan lebih cepat menguasai untuk nantinya dapat berbicara seperti native speaker. Disarankan untuk mendengarkan materi listening selama 1-3 jam sehari.

Mau tahu apa kelebihan belajar bahasa inggris lewat listening dibanding yang lain? Pada tahun 1984, Pusat Bahasa American University di Bangkok memperkenalkan metode “Listening Approach“. Pada beberapa tahun terakhir ini menjadi terkenal dengan sebutan “Automatic Language Growth” (ALG). Dikemukakan bahwa setiap usaha untuk berbicara(atau bahkan hanya berpikir tentang bahasa), sebelum bisa berbicara secara alami, akan menyebabkan kerusakan dan keterbatasan pada hasil akhirnya! Dalam hal ini memikirkan bagaimana susunan kata yang benar turut menyebabkan kerusakan pada proses belajar.

Dengan kata lain, metode ini menggunakan sebuah masa “silent period (periode diam)” yang sangat lama. Selama masa “diam” tersebut, siswa hanya fokus pada listening. Setelah 6-12 bulan listening yang dilakukan secara intensif, siswa mulai mampu berbicara secara spontan dan alami—tanpa usaha dan tanpa berpikir!

Keren kan???

Mau nyoba??

Nah, kebetulan ada seorang yang bernama A.J. Hoge di http://effortlessenglishclub.com/ yang memperkenalkan sebuah system pengajaran listening yang menyenangkan. Program ini memang ‘agak’ mahal bagi kantong-kantong kita yaitu dengan membayar sebesar $97, mendapatkan materi listening yang cukup lumayan komprehensif dan manjur. Simbah sendiri memang belum pernah beli, tapi itu terlihat dari testimony para muridnya yang mengikuti program ini. Program ini menawarkan cara pembelajaran baru yang menarik yaitu belajar bahasa inggris melalui listening.

Kalau yang sudah sempat simbah cicipi dari http://effortlessenglishclub.com/ ini adalah program gratis belajar bahasa Inggris dalam 7 hari. Cara ikutnya cukup mudah, tinggal buka saja sitenya http://effortlessenglishclub.com/ lalu mendaftarkan diri dengan memasukkan nama dan email kita di form sebelah kanan, maka tiap hari kita akan mendapatkan materi listening yang alamat urlnya dikirim ke email kita untuk didownload. Materinya cukup simple dan mengasyikkan meski bagi pemula sekalipun.

Untuk lebih jelasnya temen-temen bisa ngintip-ngintip ke sini dulu:

1. 5 Kesalahan Dalam Belajar Bahasa Inggris

2. Belajar Bahasa Seperti Anak Kecil

Ini simbah bukan promosi lho… wong juga ndak dibayar, tapi Cuma ngasih tahu siapa tahu ada yang tertarik mencoba, trus beli yang paket lengkapnya tadi, kalau boleh nanti simbah pinjam ya… (he8X)

Anyway, selain memakai layanan yang disediakan site di atas, kita juga bisa memanfaatkan berbagai situs online yang menawarkan download MP3 listening atau pinjam di rental-rental untuk nyari materi-materi listening.

Cekap semanten nggih, mugi nggadahi manfaat, kirang langkungipun nyuwun pangapunten…

By: Farid Ikhsan™

Categories: bahasa
  1. theo
    May 1, 2009 at 10:21 am

    nice suggestion, give us more complete please

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

mengambilmakna

Bertabur makna di sekitar kita, sangat banyak! Adakah yang tak ingin mengambilnya?

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

afifahthahirah87

Chicken Soup for My Soul

Musim Semi

berharap hangat itu sampai ke hatimu begitu juga cintaku

RanaWijayaSoe

I have My Own Ele-path

Sang Nusantara

Connecting People with Nature

Lewat kata, aku bicara

Tempat aku menyandarkan beberapa jenak kehidupan lewat kata

Menulis Itu Berbagi

Si Pandai itu besar sekalipun ia kecil, sedangkan si Bodoh itu kecil sekalipun ia besar

amathonthe

Sejauh Kaki Melangkah, Sebanyak Kata Terucap

J4uharry

Membayar cita-cita dengan jerih-payah yang pantas !!!

Lailatul Qadr Virtual Home

Blognya Seorang Istri, Seorang Ibu, Seorang (Mantan) Guru, yang sangat menyukai kegiatan luar ruangan, menulis, dan membaca...

(new) Mbot's HQ

Ocehan gak guna seorang pegawai kantoran biasa.

Gerakan Sadar Arsip

Viva Archiva!

wahyugendut39

tetap berharap yang terbaik...

Pumichi's Blog

All about live in the light

Notasi

[n] (1) seperangkat atau sistem lambang (tanda) yg menggambarkan bilangan (tt aljabar), nada (tt musik), dan ujaran (tt fonetik); (2) proses pelambangan bilangan, nada, atau ujaran dng tanda (huruf); (3) catatan pendek yg perlu diketahui atau untuk mengingatkan sesuatu

PKJ 4.0

Tilawah, Tazkiyah, Ta'lim

Freak Dreamer

Reading (is my) Life!

%d bloggers like this: