Home > bahasa > 5 Kesalahan Dalam Belajar Bahasa Inggris

5 Kesalahan Dalam Belajar Bahasa Inggris

Dalam belajar bahasa Inggris, ada beberapa kesalahan mendasar yang sering dilakukan oleh para siswa dan guru. Dibawah ini adalah artikel terjemahan yang saya terjemahkan dari halaman webnya A.J. Hoge di http://effortlessenglishclub.com/

Anda dapat melihat tips-tips lain yang cukup keren atau malah mau latihan listening yang difasilitasi oleh web ini. Caranya cukup mendaftar saja, kemudian selama 7 hari anda akan dikirimi email berisi materi listening.

Berikut adalah 5 Kesalahan dalam belajar bahasa Inggris:

1. Terlalu Fokus Pada Grammar

Hal ini adalah kesalahan yang paling besar, paling sering dan paling buruk. Penelitian menunjukkan bahwa belajar grammar sebenarnya melukai kemampuan berbahasa Inggris, mengapa? Karena Grammar bahasa Inggris terlalu kompleks untuk diingat dan digunakan secara logis…dan percakapan nyata sangat cepat.

Anda tidak akan punya cukup waktu untuk berpikir, mengingat ratusan atau ribuan aturan grammar, memilih yang benar, dan menggunakannya.

Otak kiri anda tidak mampu melakukannya. Anda harus belajar grammar dengan alami dan tanpa sadar, seperti belajarnya anak kecil. Anda melakukannya dengan banyak mendengarkan grammar bahasa inggris yang benar—dan otak anda lama-lama akan secara otomatis belajar menggunakan grammar bahasa Inggris secara benar.

2. Memaksakan Diri Berbicara

Baik Murid maupun guru bahasa Inggris mencoba memaksa berbicara sebelum mereka siap. Hasilnya, banyak murid berbicara dengan lambat—tanpa kepercayaan diri dan kefasihan.

Pemaksaan berbicara adalah kesalahan besar. Jangan memaksa bicara.Fokus pada listening dan bersabarlah. berbicaralah bila memang anda sudah benar-benar siap—yaitu bila ini bisa dilakukan dengan mudah dan alami. Sampai saat itu, jangan memaksakannya.

3. Belajar Hanya Dari Teks Book Bahasa Inggris Formal

Sayangnya, kebanyakan orang yang belajar bahasa Inggris hanya mempelajari bahasa Inggris formal yang ada di buku-buku dan di sekolah. masalahnya adalah—Native speaker tidak menggunakan bahasa Inggris seperti itu dalam kebanyakan situasi.

Ketika berbicara dengan teman, keluarga atau teman kerja, native speaker menggunakan bahasa Inggris kasual yang penuh dengan idiom, kata majemuk dan slang. Untuk berkomunikasi dengan native speaker, anda tidak bisa bergantung hanya pada teks book.Anda harus belajar bahasa Inggris kasual.

4. Berusaha Menjadi Sempurna

Murid dan guru sering memfokuskan diri pada kesalahan. Mereka khawatir terhadap kesalahan-kesalahan. mereka mencoba berbicara dengan sempurna. Padahal, tak satu orangpun sempurna. Native speaker membuat juga sering membuat kesalahan. Anda juga. Daripada memfokuskan diri pada hal negatif, fokuskanlah pada komunikasi.

Tujuan Anda bukanlah berbicara dengan “sempurna”, tujuan anda adalah mengomunikasikan ide-ide, informasi dan perasaan dengan jelas dan mudah dimengerti. Fokuskan pada komuikasi, fokuskan pada hal positif. Secara berkala kesalahan anda akan berkurang secara otomatis.

5. Menggantungkan Diri pada Sekolah/Pelajaran Bahasa Inggris.

Kebanyakan orang yang belajar bahasa Inggris bergantung secara total pada sekolah. Mereka verpikir bahwa guru dan sekolah bertanggung jawab atas keberhasilan mereka. Hal ini tidak pernah benar. Anda—orang yang belajar bahasa Inggris—lah yang mempunyai tanggung jawab itu. Guru yang baik dapat membantu, tetapi Andalah yang benar-benar bertanggung jawab terhadap proses belajar Anda.

Anda harus mencari pelajaran dan material (metode) yang efektif. Anda harus mendengarkan dan membaca setiap hari. Anda harus dapat mengatur emosi dan tetap termotivasi. Anda harus berpikir positif dan optimis. Tak ada guru yang dapat membuat Anda belajar. hanya Anda yang dapat melakukannya.

Meskipun kesalahan-kesalahan ini sangat sering terjadi, berita baiknya adalah anda dapat memperbaikinya. Saat anda berhenti dari kesalahan ini, anda telah mengubah cara anda belajar bahasa inggris. Anda belajar lebih cepat. Kemampuan speaking anda meningkat. Anda akan menikmati belajar bahasa Inggris.

Semoga Beruntung… Anda dapat melakukannya…

Diterjemahkan dari http://effortlessenglishclub.com/

Categories: bahasa Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

mengambilmakna

Bertabur makna di sekitar kita, sangat banyak! Adakah yang tak ingin mengambilnya?

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

afifahthahirah87

Chicken Soup for My Soul

Musim Semi

berharap hangat itu sampai ke hatimu begitu juga cintaku

RanaWijayaSoe

I have My Own Ele-path

Sang Nusantara

Connecting People with Nature

Lewat kata, aku bicara

Tempat aku menyandarkan beberapa jenak kehidupan lewat kata

Menulis Itu Berbagi

Si Pandai itu besar sekalipun ia kecil, sedangkan si Bodoh itu kecil sekalipun ia besar

amathonthe

Sejauh Kaki Melangkah, Sebanyak Kata Terucap

J4uharry

Membayar cita-cita dengan jerih-payah yang pantas !!!

Lailatul Qadr Virtual Home

Blognya Seorang Istri, Seorang Ibu, Seorang (Mantan) Guru, yang sangat menyukai kegiatan luar ruangan, menulis, dan membaca...

(new) Mbot's HQ

Ocehan gak guna seorang pegawai kantoran biasa.

Gerakan Sadar Arsip

Viva Archiva!

wahyugendut39

tetap berharap yang terbaik...

Pumichi's Blog

All about live in the light

Notasi

[n] (1) seperangkat atau sistem lambang (tanda) yg menggambarkan bilangan (tt aljabar), nada (tt musik), dan ujaran (tt fonetik); (2) proses pelambangan bilangan, nada, atau ujaran dng tanda (huruf); (3) catatan pendek yg perlu diketahui atau untuk mengingatkan sesuatu

PKJ 4.0

Tilawah, Tazkiyah, Ta'lim

Freak Dreamer

Reading (is my) Life!

%d bloggers like this: